Jumat, 27 Januari 2012

Alasan Tank Leopard Tidak Layak Dibeli

Alasan Tank Leopard Tidak Layak Dibeli

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat ekonomi politik Ichsanuddin Noorsy mengungkap alasan kenapa Indonesia tak layak membeli Tank Leopard bekas milik Belanda buatan Jerman. Satu alasannya, uang untuk membeli dengan kredit ekspor. 

"Dibeli dengan kredit ekspor. Yang berarti Indonesia telah menjadi konsumen alutsista dari negara yang secara historis telah menjajah, telah memberi keuntungan finansial kepada Belanda, dan telah menciptakan ketergantungan pada perawatan atau pemeliharaan," tegas Noorsy, Kamis (19/01/2012). 

Rencana pembelian Tank Leopard, katanya lagi, tidak mengatasi kelayakan sistem ketahanan nasional dengan mengacu kondisi sosial politik ekonomi bangsa. Tank buatan Jerman ini juga dianggap kurang strategik dalam memahami minimum essential force guna membangun ketahanan dan pertahanan holistik bangsa. 

‎​Situasi peperangan antar bangsa, lanjutnya lagi, lebih dominan pada perang ekonomi, ICT dan ideologi. Sehingga pertahanan dan ketahanan yang dibutuhkan adalah ketahanan dan pertahanan sosial ekonomi bangsa. 

"Jika Ryamizard Ryacudu memahami kondisi yang sudah terjadi sejak 2005 lalu sebagai perang modern, kenapa TNI tidak menerjemahkan hal itu dalam perencanaan strategik sehingga harkat dan martabat bangsa terlindungi," kata Ichsanuddin Noorsy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar