Selasa, 31 Januari 2012

Capaian dan Program Kedepan PT DI (2)

                                                               sseveneleven.wordpress.com

Kabar baik yang datang adalah kerjasama pembuatan pesawat tempur KF-X/IF-Xantara PT DI dengan Korean Aerospace Industry. Bahkan bulan Desember lalu, PT DI meresmikan kantor Design Center pesawat tempur KF-X/IF-X. PeresmianDesign Center ini hanya berselang 4 bulan dari peresmian fasilitas serupa di Korsel.

Perlu kita tahu, Design Center ini akan digunakan untuk mendukung kegiatan para insinyur Indonesia dalam Tim Enginering pesawat tempur KF-X/IF-X danuntuk memberikan pengalaman kepada para insinyur Indonesia yang masih muda. Sehingga akan ada regenerasi terhadap para insinyur PT DI yang sudah berusia tua kepada insinyur yang berusia lebih muda.

Beberapa waktu lalu, salah satu anak bangsa yang ikut men-design pesawat tempur KF-X/IF-X sempat menuliskan pengalamannya di Korea Selatan. Menurut kisahnya insinyur Indonesia terlibat adu pendapat dengan para insinyur dari Korsel. Maklum seperti halnya pesawat terbang hasil kerja bareng, seringkali muncul perbedaan diantara kedua belah pihak dalam tahapan perancangan dan pengembangannya. Para insinyur Indonesia juga mengalami hal serupa.

Meskipun Indonesia tidak seberpengalaman Korsel dalam membuat pesawat tempur, beruntungnya sebagian besar insinyur Indonesia justru membawahi insinyur Korsel. Dalam perancangan pesawat tempur itu, Insinyur Indonesia banyak menjadi panutan dan leader dalam sub-sub bidang engineering. (Untuk lebih jelasnya baca “Surat Elang Muda dari Korea” diwebnya Bapak Chappy Hakim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar