Selasa, 31 Januari 2012

Indonesia Butuh Kapal Selam & Kapal Perang

INILAH.COM, Jakarta - Mantan Panglima TNI Endriartono Sutarto menyarankan agar pemerintah membatalkan rencana pembelian tank Leopard.

Untuk memperkuat alat utama sistem pertahanan (Alutsista), Endriartono menyarankan agar TNI memperbanyak kapal selam untuk menjaga kedaulatan maritim NKRI.

Adapun bagi Angkatan Darat (AD), tank Leopard tidak akan efektif digunakan di medan tempur perbatasan Indonesia yang notabene lahan gembur, curam dan gambut.

Kalau mau mendapatkan efek deteren, beli kapal selam yang banyak. Sementara untuk AD cukup light tank atau medium tank yang cocok dengan medan kita," terang Endriartono kepada INILAH.COM.

Selain kapal selam, mantan KSAD ini juga menilai Indonesia perlu meniru Vietnam yang sudah mampu memproduksi kapal perang buatan sendiri.

Endriartono yakin PT PAL sudah mampu membuat kapal perang buatan dalam negeri yang lebih tangguh daripada kapal perang buatan Vietnam.

"PT PAL sudah bisa, saya sewaktu masih Panglima TNI sudah menyetujui design corvet nasional dan sudah sampai pada steel cutting, kenapa tidak diteruskan?" [mah]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar