Minggu, 29 Januari 2012

Jepang & Rusia Gagal Selesaikan Konflik Perbatasan


Jepang & Rusia Gagal Selesaikan Konflik Perbatasan
TOKYO – Menteri Luar Negeri Jepang dan Rusia bersepakat memperkuat kerjasama ekonomi dan keamanan kedua negara. Kendati demikian, kedua negara gagal menyelesaikan sengketa teritorial atas pulau-pulau yang terdapat di Timur Laut Jepang. Baik Menteri Luar Negeri Jepang, Koichiri Gemba maupun Menteri Kuar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan kedua negara memerlukan ketenangan dalam menyelesaikan sengketa teritorial tersebut.
Sengketa pulau bernama Kuril di bagian selatan Rusia dan bagian utara Jepang ini telah menjadi persoalan sejak kedua negara menyepakati perdamaian pada Perang Dunia II. Wilayah sengketa kedua negara diyakini memiliki kekayaan minyak, gas alam, cadangan mineral, keragaman ikan yang berlimpah. “Posisi kami dalam masalah ini berbeda. Kami berharap menyelesaikan melalui dialog,” kata Gemba, Sabtu (28/1) di Tokyo, seperti dilansir dari Associated Press.
Sementara itu Lavrov mengatakan, Rusia baru akan kembali membicarakan sengketa teritorial ini setelah mereka memiliki Presiden baru pada 4 Maret 2012.
Both comments and pings are currently closed.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar