Selasa, 31 Januari 2012

Leopard adalah Tank Laris di Dunia

Tank Leopard masuk dalam kategori Main Battle Tank (MBT) yang keberadaannya diakui oleh negara-negara maju. Kemampuannya di medan tempur membuat tank buatan Jerman ini digunakan oleh Belanda, Yunani, Spanyol, Kanada, dan Portugal.
13269900291171694786Spesifikasi dan kelebihan Tank Leopard 2A6 adalah sebagai berikut:
1. Menggunakan perangkat rangefinder yang berguna untuk menentukan jarak antara target dan tank. Tank ini juga dilengkapi thermal imaging sight yang mampu melihat variasi suhu yang memudahkan untuk melihat prajurit dan kendaraan tempur musuh di medan tempur.
2. Kendaraan tempur pertama yang menggunakan alat pembidik, low light level TV system, serta sistem thermal imaging. Tank ini memiliki kemampuan tempur mengadapi sasaran bergerak, walaupun melewati medan sulit dan tidak rata.
3. Memiliki persenjataan meriam utama 120 millimeter dengan kestabilan yang tinggi. Senapan mesin jenis koaksial serta perlengkapan untuk melihat dan membidik dalam kegelapan atau night vision yang modern.
Jika dibandingkan dengan Malaysia, maka tank ini bisa disamakan dengan tank kelas berat jenis T72 buatan Rusia. Kekuatan Tank Leopard adalah 1.500 tenaga kuda. Tank jenis ini berbobot 62 ton yang diawaki 4 personel tentara. Dia merupakan tank yang cukup laris di pasar dunia.
Pemerintah sendiri menjelaskan pembelian alutsista ini merupakan bagian modernisasi alutsista TNI periode 2011-2015 untuk mencapai kekuatan pokok minimum (essential minimum forces) dengan total anggaran Rp150 triliun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar