Jumat, 27 Januari 2012

Lima Jenderal di DPR Tolak Tank Leopard Tribunnews.com - Kamis, 19 Januari 2012 17:01 WIB

Lima Jenderal di DPR Tolak Tank Leopard


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lobi-lobi khusus yang dilakukan oleh pemerintah kepada beberapa anggota DPR, dalam hal ini Komisi I DPR --membidangi masalah pertahanan dan luar negeri -- terkait rencana pembelian tank bekas jenis Leopard benar adanya.
Hal ini diungkapkan oleh salah seorang anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Effendie Choirie atau Gus Coi.
"Memang ada lobi dari pihak pemerintah terhadap beberapa anggota Komisi I untuk menggolkan rencana pembelian tank bekas jenis Leopard milik Belanda. Saya tidak tahu, apakah lobi itu berhasil atau tidak," kata Gus Coi di DPR, Kamis (19/01/2012).
Gus Coi menjelaskan, rencana pembelian Tank Leopard ini, sempat beberapa kali dibicarakan di internal Komisi I DPR. Alhasil, tuturnya, dari pertemuan internal itu, menyatakan keberatannya membeli Tank Leopard.
"Jangankan saya yang dari sipil, juga yang lain menolak. Di Komisi I DPR ada lima mantan jenderal, termasuk Pak Salim Mengga yang ahli tank dari Fraksi Demokrat, juga sudah menyatakan menolak. Nah, ini yang patut ditelusuri, ada apa sikap pemerintah, yang tetap ngotot membeli Tank Leopard," Gus Coi menjelaskan.
Penolakan DPR (Komisi I) atas Tank Leopard itu, juga didasari argumentasi yang kuat. Yang paling utama, kata Gus Coi, yang dipaparkan oleh para purnawirawan jendral di Komisi I DPR, geografis Indonesia yang tak cocok bagi Tank Leopard milik Belanda buatan Jerman ini.  Selain itu, tank jenis ini juga tidak cocok untuk alat pertahanan ke depan.
"Jalan-jalan  di luar Jawa pasti tak akan mampu menahan beban Tank Leopard kalau dilalui. Tank jenis ini, cocok untuk pertempuran di gurun. Kalau jalan-jalan dilalui Tank Leopard, pasti langsung rusak karena beratnya yang mencapai sekian ton. Makanya, kita di DPR cenderung menolak," kata Gus Coi.
"Tapi, TNI tetap ngotot dengan berbagai alasan. Makanya, dalam waktu dekat kita akan panggil TNI dan Dephan terkait ini. Kita akan minta penjelasan resmi, kenapa tetap ingin membeli Tank Leopard. Alasan rasionalnya seperti apa, kita akan dengarkan," katanya lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar