Jumat, 03 Februari 2012

Dapat Hibah 24 Pesawat F-16, Lebih Baik Beli Pesawat Baru

JAKARTA - Pemerintah lebih baik membeli pesawat baru daripada menerima hibah sebanyak 24 pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat.  Pesawat baru lebih menguntungkan baik dari sisi keamanan, jam terbang, dan kualitas teknologi lebih tinggi daripada pesawat bekas.
 
Demikian dikatakan anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKS, Al Muzzammil Yusuf menanggapi rencana Kementerian Pertahanan menerima hibah pesawat F-16 dari Amerika Serikat. “Dengan membeli pesawat baru, pemerintah dapat meminimalisir peluang kecelakaan pesawat angkatan udara TNI  yang selama ini sering terjadi,” katanya dalam rilis yang diterima Okezone, Rabu (23/11/2011).
 
Al Muzzammil menjelaskan, sejak tahun 2000-2009 ada sekitar 30 pesawat Angkatan Udara TNI jatuh dan menelan korban jiwa baik dari pihak tentara maupun sipil dalam jumlah besar. Fakta lainnya, dari 114 pesawat TNI yang kita miliki, terdapat 50 pesawat dalam kondisi rusak.
 
“Saya khawatir dari 24 pesawat hibah itu usianya tidak lama. Peluang pesawat rusak, jatuh, kemudian menelan korban jiwa. Ini harus diantisipasi sejak dini oleh Pemerintah. Jangan mengorbankan nyawa prajurit dan penerbang terbaik kita,” ujarnya.
 
Oleh karena itu, Al Muzzammil menyarankan agar Komisi I DPR mempertimbangkan kembali kesepakatan menerima hibah 24 pesawat tersebut. Apalagi, biaya upgrading mencapai 750 juta dolar AS. 


Sumber:okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar