Jumat, 03 Februari 2012

TNI: Alutsista Dibeli untuk Lindungi Rakyat

ilustrasi TNI (dok:okezone)
ilustrasi TNI (dok:okezone)
JAKARTA - Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono menegaskan, bahwa urgensi dalam pembenahan alutsista yaitu demi menjaga kemanan negara serta melalui tahap penelitian yang matang.

"Alutsista ini dibangun memerlukan waktu yang panjang dan perlu perencanaan yang matang. Kalau tidak direncanakan dengan matang, maka pada saat alutsista itu dibutuhkan, maka alutsista ini belum datang," ujar Agus Suhartono di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (18/1/2012).

"Masyarakat kita memang butuh rasa aman, rasa aman itu tercipta manakala yang melindungi memiliki peralatan yang cukup. Tidak mungkin masyarakat kita merasa aman manakala yang melindungi tidak punya apa-apa," imbuhnya.

Panglima TNI mengatakan bahwa negara membutuhkan suatu upaya penangkalan dari potensi ancaman luar, oleh karenanya dibutuhkan alutsista yang memadai demi menjaga keutuhan NKRI.

"Negara kita butuh penangkalan, penangkalan itu bisa diciptakan manakala kita memiliki alustsista yang memadai. Memadai kalau dibandingkan negara lain, syukur-syukur lebih tinggi, maka memiliki penangkalan yang lebih," jelasnya.

Sumber:okezone.com

Selain itu, Agus juga mengatakan bahwa sejak tahun 1998 TNI hampir tidak pernah memperbarui alutsista. Oleh karenanya, lanjut Agus, dengan kondisi ekonomi yang mulai membaik, maka TNI diberi perhatian dalam pembenahan peralatan pertahanan negara tersebut.

"Maka itu kita perlu peralatan alutsista. Mengingat sejak tahun 1998 TNI hampir tidak mengadakan alutsista, jadi sekarang ini waktunya manakala negara ekonomi sudah membaik, perhatian kepada TNI jadi lebh baik, maka dialokasikan kepada kita untuk anggaran alutsista," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar